PENINGKATAN PRODUKTIVITAS NASIONAL MELALUI PENGUASAAN IPTEK DAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA

Oleh  Rahardi Ramelan

Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press), 1999

Kehidupan yang lebih maju, mandiri, dan sejahtera merupakan tekad bangsa Indonesia abad ke- 21. Tekad ini hanya akan tercapai apabila dapat diwujudkan suatu pembangunan yang berkesinambungan (sustainable development). Prasyarat utama pembangunan ini ialah adanya peningkatan produktivitas nasional secara terus menerus.

Produktivitas nasional dapat meningkat apabila terdapat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta pengembangan sumberdaya manusia.

Buku ini merupakan kumpulan tulisan pengarang mengenai masalah peningkatan  produktivitas nasional sewaktu menjabat sebagai Wakil Ketua Bappenas dari tahun 1993 sampai tahun 1998.

Didalam kehidupan ekonomi yang makin mengglobal, maka persaingan menjadi ciri khas dalam percaturan dunia. Tidak ada pilihan lain bagi Indonesia untuk sekuat tenaga meningkatkan daya saing. Untuk jangka pendek peningkatan daya saing ditempuh dengan meningkatkan efisiensi perekonomian melalui penghapusan berbagai hambatan yang menyebabkan ekonomi biaya tinggi (high cost economy). Dalam jangka yang lebih panjang, yaitu untuk mewujudkan pembangunan yang berkesinambungan (sustainable development), diperlukan peningkatan produktivitas nasional secara terus menerus.

Didalam buku in disampaikan mengenai Konsepsi dan strategi peningkatan produktivitas nasional, masalah angkatan kerja dan kesempata kerja.

Kebijaksanaan pembangunan iptek, pengembangan sistem iptek nasional dan pembangunan industri berbasis iptek diuraikan dalam Bagian  Kedua.

Di- Bagian Ketiga diuraikan mengenai masalah sumberdaya manusia, yang meliputi pendidikan, ketenaga kerjaan dan profesionalisme.

Dan akhirnya menempatkan budaya sebagai social capital yang merupakan faktor yang penting dalam peningkatan produktivitas. RR