CHRISTIANTO WIBISONO dan PDBI

Oleh Ramelan

23 July 2021 - 05:58:15

1 menit

REST IN PEACE SAUDARAKU!!!

Kepergian saudara Christianto Wibisono , mengingatkan saya pada awal dimulainya BPPT pada tahun 1976. Pada saat itu saya dapat tugas dari pak BJ Habibie untuk mengadakan kajian mengenai Industri di Indonesia.


Mulai dengan mencari insinyur – insinyur terbaik dari beberapa Perguruan Tinggi seperti ITB, ITS, dan Unbraw. Selain itu yang penting untuk membuat kajian adalah keberadaan data. Selain data primer yang didapatkan dan dikumpulkan langsung oleh para peneliti yang jumlahnya masih terbatas, saya kemudian kontak dengan Christianto Wibisono beserta Pusat Data Bisnis Indonesia/PDBI nya untuk mendapatkan data-data lainnya yang diperlukan. Yang kemudian berlangganan semua penerbitan PDBI. Supaya diketahui pada waktu itu sukar sekali mencari informasi dan data. Kerjasama masih diteruskan sampai saya menjadi Wakil Ketua BPP 1993-1998. Sedangkan khusus mengenai Industri Kendaraan Bermotor, BPPT bekerjasama dengan Stanford Research Instyitue yang menempatkan Mr. Norman Stoller.


Setelah Christianto kembali dari Amerika Serikat pada tahun 2006(?), kita masih sering bertemu di beberapa kesempatan. Saya sendiri sudah bebas dari jabatan negara, dan kembali ke dunia Pendidikan di ITS.

Jakarta, 23 Jui 2021

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi





Artikel Lainnya